17
Jul
07

Kembali ke jalan yang benar . . . (^_^)

Serem euy judulnya… tapi jangan suudzon dulu ya…

Maksudnya gini nih…

Sekitar bulan September 2006, saya kan pindahan ke rumah sendiri (setelah nikah tanggal 6 Agustus 2006). Nah, saya dikasih tanaman beberapa pot sama mertua. Katanya biar teras rumah bisa keliatan hijau & seger. Ternyata… lama kelamaan… saya malah jadi seneng sama tanaman deh. Akhirnya saya jadi rajin browsing2 di Internet buat cari tanaman-tanaman yang “unik”. Singkat kata… ditemukanlah jenis tanaman yang membuat saya terpesona. Tanaman Karnivora (Carnivorous Plant).

Untuk mencari informasi lebih lengkap, saya gabung ke milis nepenthes_indonesia. Alhamdulillah… informasi yang didapat sungguh melimpah. Saya bisa tahu lebih banyak tentang tanaman karnivora ini, terutama jenis nepenthes (kantung semar) dan VFT (Venus Flytrap).

Nepenthes pertama yang saya punya jenisnya Adrianii. Sayang, 2 bulan kemudian malah mati. Saya baru tau kalau itu kemungkinannya jenis cabutan dari alam. Akhirnya saya beli di tempat yang benar, di tempat orang membudidayakan nepenthes dengan benar, bukan mencabut dari alam dan langsung dijual. Nepenthes yang saya beli adalah Mirabilis, Reinwardtiana, xVentrata, dan Ampullaria (hijau dan batik).

Mirabilis merah bibir ijo Sampai bulan April 2007, saya masih bisa mengurus nepe dengan benar. Tapi, pada awal Mei 2007, saya pindah ke rumah ortu, berhubung istri sudah hamil 8 bulan. Saya tinggal di rumah ortu sampai Juni 2007 kemaren. Nah, selama itulah saya nggak rutin ngurus tanaman. Hasilnya… mirabilis & renwardtiana saya mogok berkantung. Klo xVentrata & ampullaria batik emang dari awalnya udah mogok sih. Kayanya mesti saya ganti medianya.

 Akhirnya… awal Juli 2007 kemaren… Gym2saya pindah lagi deh ke rumah. Home sweet home… Dan saya kembali ke jalan yang benar untuk mengurusi nepenthes saya. Untuk mengawalinya… saya shopping ke Cihideung Lembang untuk berburu nepe. Hasilnya… saya dapet Gymnamphora (Aa gym ^_^) 4 pot. Untungnya lagi yang 1 pot udah dewasa & punya anakan 3 yang sudah berkantung!!!

Inilah awal saya kembali ke jalan yang benar. Perkembangan koleksi nepe saya Insya 4JJl akan saya update selalu disini.


9 Responses to “Kembali ke jalan yang benar . . . (^_^)”


  1. 1 noer
    Juli 18, 2007 pukul 7:15 am

    waduh bingung pizan dg istilah2 tanaman..
    secara saia kan tdk terlalu syuka tanaman ;p

  2. Juli 23, 2007 pukul 4:28 am

    YOOOOOOOW….

    waaah…
    dari gambarnya sih lucu…

    coba bawa donks mas sekali-sekali ke CL (^_^)

  3. Juli 23, 2007 pukul 4:37 am

    Wah… kasian atuh klo dibawa2 keluar rumah… bisa2 stress tanamannya… (>_<)

    Kmu aja main ke rumah…. (^_^)

  4. 4 vandai
    Juli 23, 2007 pukul 8:36 am

    waw, nyokap saya juga punya tuh. kalo namanya ga tau, tapi ada 2 jenis.
    yang pertama yang kantung nya langsung tumbuh dibawah, seperti gambar nomor dua itu.
    dan yang satu lagi, yang kantung nya tumbuh diatas daun.

    serem juga liat nya.. v(^.^)v

  5. Juli 23, 2007 pukul 10:10 am

    Posisi tumbuh ga menjelaskan jenis bos. Soalnya kantung itu ada yg upper & lower. Semua nepenthes punya kantung jenis tsb. Jadi, harus liat dulu gambarnya…😉

  6. 6 xgoonerx
    Oktober 26, 2007 pukul 3:35 am

    yang suka tanam2an bukanny om syx y ? tnyata bung arioss suka tanaman jg ?

  7. Oktober 26, 2007 pukul 4:05 am

    Iya donk… om syx juga kan sama-sama aktif di forum Tanaman Buas😉

  8. Maret 12, 2008 pukul 4:47 am

    Mas.. ada info dimana bisa mendapatkan Venus Fly Trap? atau bijinya mungkin?
    Please inform…


Tinggalkan Balasan

arioss

Arsip

Blog Stats

  • 68,494 hits

RSS Fokus ITB

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

