28
Des
12

WinDirStat vs KDirStat vs Disk Inventory X

Jadi ceritanya waktu mau nge-review aplikasi WinDirStat (for Windows) untuk Majalah Infokomputer edisi Nopember 2012, sempat buka beberapa website yang akan dijadikan referensi. Tak disangka menemukan fakta unik yang melibatkan aplikasi KDirStat (for Linux) dan Disk Inventory X (for Mac).

Perlu diketahui bahwa WinDirStat merupakan alat bantu untuk menganalisa penggunaan media penyimpanan yang dibangun khusus untuk lingkungan sistem operasi Windows, ditampilkan secara grafis dengan cantik menggunakan metode treemapping (http://en.wikipedia.org/wiki/Treemapping). Fungsi utamanya sangat sederhana, menelurusi ukuran setiap berkas pada suatu direktori (beserta sub direktorinya) pada partisi yang terpilih dan menampilkannya dalam bentuk nested rectangle (kumpulan persegi panjang). Besarnya ukuran persegi panjang mencerminkan ukuran berkas pada partisi yang bersangkutan. Dari perbandingan ukuran persegi panjang tersebut Anda bisa melihat ada berapa persegi panjang yang ukurannya tidak wajar dibandingkan dengan ukuran persegi panjang lainnya.

Fakta unik yang saya dapatkan adalah bahwa WinDirStat (http://windirstat.info) sangat mirip dengan KDirStat (http://kdirstat.sourceforge.net/) maupun Disk Inventory X (http://www.derlien.com/), padahal pembuatnya berbeda. Ternyata hal tersebut dikarenakan pembuat WinDirStat (Bernhard Seifert) mengakui terinspirasi oleh KDirStat. Fungsionalitasnya pun dibuat semirip mungkin dengan KDirStat.

Sedangkan Disk Inventory X merupakan kloning dari WinDirStat untuk versi Macintosh. Uniknya pembuat Disk Inventory X yang bernama Tjark Derlien merupakan teman kuliah Bernhard Seifert. Dan ide membuat Disk Inventory X terbersit setelah Bernhard Seifert memperlihatkan WinDirStat padanya.

 

sw-wds

Tampilan WinDirStat for Windows

 

kdirstat-main

Tampilan KDirStat for Linux

 

diskinv-main

Tampilan Disk Inventory X


0 Responses to “WinDirStat vs KDirStat vs Disk Inventory X”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


arioss

Arsip

Blog Stats

  • 68,494 hits

RSS Fokus ITB

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

%d blogger menyukai ini: